Rangkaian Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 Tahun 2019 SDM Unggul, Indonesia Maju

Diposting Tanggal 22 August 2019

Wakil Bupati Mojokerto Pungkasiadi, menjadi inspektur upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia tahun 2019 yang mengangkat tema “SDM Unggul Indonesia Maju” bertempat di halaman kantor Pemkab Mojokerto, Sabtu (17/8) pagi.

Acara turut dihadiri Wakil Ketua TP PKK Yayuk Pungkasiadi, unsur Forkopimda plus, mantan bupati dan wakil bupati, mantan sekda, Forkopimca, OPD, LVRI, dan ormas. Upacara dimulai pukul 10.00 WIB tepat, ditandai Peringatan Detik-detik Proklamasi dengan bunyi sirine selama semenit. Dilanjutkan pembacaan Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Ismail Pribadi.
Prosesi pengibaran dijalankan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang diseleksi secara ketat dari siswa SMA/SMK/MA Negeri/Swasta berprestasi se-Kabupaten Mojokerto. 
Usai upacara, dilanjutkan acara resepsi kenegaraan atau tasyakuran di Pendapa Graha Majatama. Wabup Pungkasiadi pada resepsi ini, menekankan pentingnya nilai persaudaraan dan persatuan sebagai modal utama berbangsa dan negara. Tanpa hal tersebut, menurutnya keutuhan bangsa mudah goyah. 
“Kebersamaan dan persatuan adalah modal kita. Optimis menatap masa depan Indonesia lebih baik. Seberat apapun tantangannya, akan mampu kita hadapi. Sehingga cita-cita kemerdekaan yang kita rengkuh 74 tahun lalu, bisa kita maksimalkan,” kata wabup. 
Pada tasyakuran ini turut diserahkan penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun, kepada beberapa pegawai yang dinilai telah mengabdi dengan baik. 
Serta penghargaan Best in Talent Pemilihan Duta Siswa Berprestasi Nasional pada siswa SDN Pandan Kecamatan Pacet, juara 1 lomba kebersihan kantor oleh DLH, juara 1 lomba desa tahun 2019 yang diraih Desa Gondang Kecamatan Gondang, Desa ODF kepada Desa Bejijong Trowulan, terbaik 1 lomba 10 program pokok PKK pada Desa Mojowatesrejo Kecamatan Kemlagi, serta beberapa penghargaan bergengsi lainnya. 
Sedangkan untuk prosesi penurunan bendera, upacara masih dilakukan di hari dan tempat yang sama, yakni sore pukul 16.30 WIB dipimpin Kepala Kejari Kabupaten Mojokerto Rudy Hartono sebagai inspektur upacara.
Sebagai informasi, seluruh rangkaian peringatan HUT RI ke -74 tahun 2019 dimulai dari rapat paripurna mendengarkan pidato kenegaraan pada Jumat pagi tanggal 16, dilanjutkan apel kehormatan dan renungan suci di TMP Gajah Mada pada malam hari. Selanjutnya yakni upacara pengibaran bendera, resepsi kenegaraan, hingga prosesi penurunan bendera pada Sabtu tanggal 17 Agustus.